Minggu, 18 Juni 2017

Cara bagaimana mendapatkan pekerjaan yang layak


Pada zaman yang cukup kompetitif ini kita bekerja karena harus, bukan karena mau. Kadang-kadang, kita bahkan bekerja hanya karena punya suatu job dan mendapatkan jumlah sedikit uang darinya. Dalam situasi seperti ini kita berada di sebuah sangkar tanpa melihat kesempatan perkembangan apa pun. Berikut ini perwakilan perusahaan Jooble, agregator lowongan kerja internasional, telah share beberapa tips bagaimana Anda dapat menemukan pekerjaan impian sesuai dengan kepentingan Anda. 

Tentu saja, faktor utama dalam memilih profesi adalah uang. Namun, jangan pernah memprioritaskannya. Sangat susah untuk bekerja setiap hari hanya demi gaji yang akan diterima pada akhir bulan tanpa menyukai bidang aktivitas Anda.  Untuk apa menghabiskan seluruh hari di kantor yang dibenci Anda hanya karena membutuhkan kompensasi material saja. Supaya dapat menghindari situasi tersebut, silahkan membuat analisa diri sendiri sesuai dengan tips-tips di bawah ini.

1.Tes “cinta” terhadap profesi

Coba jawab pertanyaan “Apa yang akan Anda lakukan jika Anda punya cukup banyak uang, tetapi bisnis ini akan memberikan Anda uang di masa depan”? Jika Anda akan jawab bahwa Anda puas dengan aktivitas Anda sekarang dan ingin terus berkebang di bidang tersebut – selamat, ini berarti bahwa Anda berada pada jalan yang benar. Kalau seandainya tidak, coba menganalisa hal-hal berikut.


2.Pengetahuan dan keterampilan

Sangat baik jika Anda dapat menyadari kekurangan dan kelebihan Anda dan secara jujur menilai tingkat keterampilan profesional Anda. Contonya, jika Anda punya bakat berpidato dan berpresentasi di depan publik, jangan pilih bekerja sebagai staf kantoran. Sadarilah dan coba mengerti kemampuan dan skills Anda supaya dapat memilih jalur aktivitas yang benar dan sesuai dengan bidang yang Anda minati. Bahkan jika Anda senang dengan musik tapi kurang paham dengan segi teknisnya, jangan pilih bekerja di bidang tersebut secara professional. Coba jadi musical producer, jika Anda memang senang bergerak di bidang show business dan berkomunikasi dengan para artis.


3.Jangan takut mengembangkan diri

Selalu mengembangkan apa yang sudah dimiliki Anda, baik pengetahuan, maupun keterampilan profesional atau sekadar hobi. Coba lebih banyak membaca dan cari tahu tentang bidang aktivitas yang Anda minati atau berkomunikasi dengan para ahlinya.
Mungkin saja Anda akan kena kritik dari teman-teman atau rekan kerja. Biar saja… Pelan-pelan Anda akan mendekati mimpi Anda dengan melakukan aktivitas yang diperlukan secara rutin dan sistematis.

Artikel Terkait