Minggu, 13 Maret 2016

Mengenal Jenis Paket Hosting dan Penyedia Hosting Terbaik

Sebagai pilihan untuk konsumennya, biasanya perusahaan web hosting terbaik akan menyediakan beragam paket hosting. Paket hosting untuk target pasar entry level biasanya membutuhkan biaya yang relatif sedikit. Sedangkan jenis paket paling mahal bisa saja ditawarkan dengan harga sampai jutaan rupiah. Saat Anda akan membangun website, pastikan sudah mengkalkulasi perkiraan beban dan besaran pengunjungnya.
Agar Anda bisa menentukan jenis hosting berkualitas dan perusahaan penyedia layanan tersebut. Berikut ini sejumlah jenis web hosting, yang sering kali ditawarkan dan mungkin bisa menjadi pilihan paling tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.


Email Only

Sebagai pilihan harga paling murah, biasanya perusahaan penyedia web hosting menyediakan paket email only. Paket tersebut hanya akan melayani hosting email. Jadi layanannya tidak termasuk pada web hosting. Penyedia layanan hosting, hanya akan melakukan konfigurasi server email pada domain yang Anda miliki.
Dengan begitu, memungkinkan Anda bisa menciptakan alamat email, mengirim dan menerima pesan. Dikarenakan paket ini hanya membutuhkan sedikit sumber daya di servernya, maka layanan tersebut sering kali diberikan secara cuma-cuma atau gratis. Terkadang juga diberikan sebagai bonus, saat Anda membeli paket hosting lainnya.

Shared Hosting

Paket hosting ini biasanya ditawarkan dengan harga yang paling murah. Jenis hosting ini, memungkinkan beberapa konsumen akan berbagi server yang sama. dikarenakan server terkini mempunyai kekuatan yang memadai, maka shared hosting umumnya sudah memadai kebutuhan sebagian besar pemilik website.
Seluruh situs yang menerapkan jenis shared hosting akan memakai secara bersamaan mesin dan juga bandwidht internet. Kalau salah satu web di server yang sama memperoleh visitor yang banyak, maka bisa berpengaruh terhadap kinerja website Anda. Pada umumnya situs lain akan merasakan efek negatifnya, dengan penurunan kinerja website.

Virtual Private Server

Virtual Private Server atau VPS merupakan jenis shared hosting yang memiliki batasan tegas, terutama pada bandwidth dan sumber daya yang bisa dimanfaatkan oleh setiap pemilik website. Kalau Anda menggunakan VPS hosting, maka dapat memilih alokasi memori atau CPU, yang dipakai untuk website Anda sendiri. Sebagai contoh, server VPS dengan mengandalkan prosesor 4 GHz dan juga memori sebesar 4 GB. Bisa jadi mempunyai 4 konsumen. Setiap dari mereka bisa menggunakan kekuatan prosesor 1 GHz dan memori sebesar 1 GB.
Dengan penerapan cara tersebut, maka kalau pengunjung situs mengalami lonjakan, tidak berakibat pada penurunan kinerja berbagai situs lainnya. Dengan memilih VPS hosting, maka Anda bisa menikmati layanan yang sama, dengan dedicated server tapi dengan kebutuhan budget yang relatif lebih murah. Tak hanya itu, jenis hosting ini memberikan kemungkinan kepada Anda bisa meningkatkan sumber daya sistem yang ada pada website Anda. Caranya dengan membeli paket hosting ini, dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Dedicated Hosting

Jenis hosting ini menawarkan kepada pemilik website, yang memungkinkannya memakai server tertentu. Paket hosting ini akan memberikan keluluasaan kepada Anda, agar bisa memakai kekuatan server secara penuh. Dengan begitu, tidak akan terganggu dengan situs orang lain, apalagi sampai mempengaruhi kinerja website Anda. Wajar saja kalau harga yang ditawarkan sangat tinggi, bisa mencapai jutaan rupiah per bulannya.


Saat ini juga hadir jenis cloud hosting, yang lebih bagus. Untuk bisa mendapatkan layanan tersebut, pastikan Anda membeli pada penyadia cloud hosting Indonesia yang terbaik. Sebagai rekomendasi tepercaya, Anda bisa memilih DomaiNesia. Beragam paket hosting ditawarkan, dengan biaya terjangkau dengan mengedepankan kualitas tinggi. DomaiNesia merupakan penyedia cloud hosting Indonesia terbaik karena telah dipercaya ribuan customer dari seluruh penjuru Indonesia dan luar negeri. Layanan cloud hosting yang diberikan juga mendukung berbagai fitur esensial.

Artikel Terkait

4 komentar